Selasa, 17 Januari 2017

Mudah Itu Ternyata MilikNya

Pernahkah kalian, dalam satu fase kehidupan kalian, merasa ringan dalam menjalankan ibadah? Seperti yang sering kita dengar dari berbagai tauziah, terutama tentang kisah para alim. Sholat sepanjang malam. Dzikir khusuk. Hobi bersedekah, tadarus di berbagai kesempatan. Pernahkah? Faktanya yang seperti itu memang ada. 

Sering kali bagiku urusan ibadah adalah hal berat. Bawaannya malaaaaas saja. Sudah dengar adzan, mau bangkit itu beratnya minta ampun. Kesehatan ok, fasilitas ok, waktu ok, tapi semua itu terhalangi oleh rasa malas. Ngerti sih kalau semua itu salah. Tapi lagi lagi ketutup aja sama rasa malas. 

Tapi,.... nggak selamanya juga begitu. Ada kalanya semangat beribadah itu muncul. Tiba tiba jadi pengen sholat. Tiba tiba jadi demen tadarus dan dzikir. 

Tiba-tiba? Iya! Tiba tiba. Semangat itu muncul dan tak bisa dikendalikan. Semua terasa mudah dan ringan. Kadang kadang bertanya juga dalam hati, kok tumben ya? 

Jadi ingat ayat ini.

Allah SWT berfirman:

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَـيُّ الْقَيُّوْمُ   ۚ  لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ  ؕ  لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ  ؕ  مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗۤ اِلَّا بِاِذْنِهٖ  ؕ  يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۚ  وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ  ۚ  وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ ۚ  وَلَا يَــئُوْدُهٗ حِفْظُهُمَا  ۚ  وَ هُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."
(QS. Al-Baqarah: Ayat 255)


* Via Al-Qur'an Indonesia https://goo.gl/MqhPUj

Iyah, semua adalah rahasia Nya. Semua atas kehendakNya. Kalau Dia berkehendak, semua akan dijadikan mudah dan ringan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar