Rabu, 25 Januari 2017

Belajar Scan Berkas


Ikatlah ilmu dengan menulisnya.
Selalu ada ilmu baru dalam setiap masalah yang kita hadapi. Setelah kesulitan ada kemudahan. Jadi berbahagialah bila kita menghadapi masalah. Khusnudzon saja, akan ada ilmu baru yang akan kita pelajari.

Kali ini masih ada hubungannya dengan IT. Dunia yang satu ini memang seperti sumur ilmu yang tak ada habisnya. Subhanalloh.



Ada instruksi dari Tata Usaha untuk Update data kepegawaian melalui master bkd jatim. Dalam update data itu ASN harus mengunggah dokumen sesuai dengan ketentuan. Nah... nah... di sinilah masalahnya.  Beberapa data yang diuplod harus discan dalam format pdf. Kenapa jadi masalah? Ya karena tidak semua ASN tahu bagaimana caranya menyecan berkas. Tidak semua ASN familiar dengan sistim online. Bagaimana login ke web bkd, bagaimana mengupload berkas dan lain sebagainya. Sungguh menjadi pengalaman yang sangat berharga ketika bisa melewatinya.

Untuk itu sayang sekali bila pengalaman berharga itu tidak direkam. Ah siapa tahu suatu saat kita memerlukannya kembali. Siapa tahu orang lain membutuhkan.

Pengalaman pertama adalah menyecan berkas. Disini akan saya tulis langkah langkah menyecan berkas hasil belajar bersama sama.

Ok langsung cuss aja ya!

Langkah langkah menyecan berkas

  1. Nyalakan printer (aku pakai printer brother)
  2. Hubungkan kabel USB printer pada laptop atau netbook
  3. Letakkan berkas pada tempat untuk menyecan dalam keadaan terbalik
  4. Tekan tombol scan pada printer 
  5. Tekan tombol anak panah (ke atas atau ke bawah) untuk menentukan pilihan type hasil scan. Bila kita ingin hasil scan dalam bentuk gambar (format JPEG) pilih scan to image. Bila ingin hasil scan dalam bentuk pdf pilih scan to file.
  6. tekan OK
  7. tekan tombol start
  8. Tunggu beberapa saat sampai mesin scan melakukan scanning. 
  9. Setelah selesai, ada pilihan apakah masih ada berkas yang akan kita scan (next page)? Bila masih ada tekan anak panah ke atas, ambil berkas dan ganti dengan berkas yang lain, lanjutkan dengan menekan tombol start. Bila tidak ada lagi yang akan discan, tekan tombol anak panah ke bawah. 
  10. Proses scanning selesai. Hasil scanning akan langsung terbuka atau tersimpan dalam netbook
  11. Hasil scan itu akan masuk ke local C; picture: Controlcenter4: Scan. Kita tinggal mengganti nama file dan memindahkan file tersebut ke local disk yang kita kehendaki
  12.  Selesaiiii
Selamat mencoba 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar