Bila anda ingin penghasilan tambahan

Minggu, 24 Desember 2017

Reuni Bikin Sensi



Hari ini ada acara reunian. Reuni keluarga besar Bani Haji Toyib. Sebetulnya saya tidak seberapa paham juga bagaimana saya bisa menjadi anggota klan ini. Urutannya terlalu jauuuhhh dan rumit untuk dipahami. 

Konon kakeknya kakeknya kakeknya kakeknya .... kakek saya itu mempunyai tiga istri. Kakek saya keturunan dari instri pertaman. Nenek saya keturunan dari istri ke dua. Wah rumit deh pokoknya. Ah sudahlah diikuti saja.

Sudah beberapakali sih saya mengikuti acara reuni ini. Saya menikmati saja ketika beberapa orang tua menyalami saya sambil bertanya, kamu cucunya mbah Joyo Prawiro Sibun ya. Kalau sudah begitu, biasanya saya cengar cengir saja sambil mengangguk senang. Saya tidak bisa mengingat kakek saya karena kakek saya meninggal sebelum saya lahir. Tetapi jujur saya bangga dengan kakek saya karena saya selalu mendapat kesan baik tentang kakek saya dari saudara saudara itu. 

Nah reuni kali ini, seperti biasa kami bertemu dengan saudara saudara dari berbagai penjuru. Momennya tepat sih, pas liburan sekolah. Jadi sekalian berlibur sekalian memperkenalkan anak menantu cucu cicit kepada saudara saudaranya. Yang hadir menjacapai tigaratus lima puluh jiwa. Jumlah yang lumayan besar, mesti tentu saja lebih banyak yang tidak datang. 

Acara berjalan lancar. Pembacaan kitab suci, Ucapan selamat datang dari tuan rumah, pembacaan silsilah, tahlil bersama dan tausiyah. Yang paling mantap tausiyahnya. Pemberi tausiyah dari peserta reuni juga. Artinya keturunan Bani Haji Toyib juga. Saya sempatkan untuk menuliskan disini beberapa point pentingnya. 

Reuni itu bisa menjadi hal positif dan juga bisa menjadi hal negatif. Agar menjadi hal yang positif harus diingat beberapa hal penting diantaranya:


  1. jangan membicarakan banyaknya harta yang kita miliki 
  2. jangan membicarakan tingginya kedudukan kita 
  3. jangan membicarakan kesuksesan anak cucu kita 
  4. jagalah pandangan ketika kita bersalaman. Jangan sampai tangannya bersalaman tetapi berbicara dengan orang yang diseberang sana. 

Mengapa? Karena hal hal diatas itu menyebalkan. Nah. Jleb kan. 
Masalahnya karena keadaan orang yang kita ajak bercerita itu belum tentu sama seperti keadaan kita. Dan tanpa kita sadari hal hal semacam itu sama saja dengan merendahkan orang lain. 

Reuni memang menjadi masalah tersendiri. Beberapa kali menghadiri acara reuni saya sering melihat "keanehan".  Sehingga suatu ketika saya pernah bertanya dalam hati, sebetulnya inti dari reuni itu apa sih? Dan ketika saya tidak mendapatkan jawaban yang tepat dan tidak nyaman berada dalam komunitas tersebut, saya mulai menarik diri.  

Tidak semua acara reuni begitu sih. Maka saya tinggal memilih saja di mana reuni yang membuat saya nyaman dan mencerahkan pikiran saya. 




Minggu, 16 Juli 2017

Kopi


Wahai penyuka kopi, baik suka banget maupun yang suka aja, tahukah Anda bagaimana proses biji kopi menjadi minuman nikmat yang siap Anda seruput.

Sabtu, 24 Juni 2017

Kembali Fitri


Perang mengalahkan hawa nafsu adalah perjuangan yang lebih berat dari pada memerangi musuh, sekuat apapun musuh itu. 
Itulah note yang menarik dari khotbah hari raya idul fitri dari masjid Al Muhajirin pagi ini. 

Rabu, 14 Juni 2017

Lagi-lagi Karena Status

Tak bisa berkata satu patahpun untuk beberapa saat lamanya. Tiba-tiba saat mengecek beranda ada tulisan netizen yang membahas permintaan maaf pengguna medsos. Kepo-lah jadinya. 

Minggu, 11 Juni 2017

Guruku


AKIBAT DURHAKA KEPADA GURU

Salah satu penyebab sulitnyarezeki adalah Durhaka kepadaGuru.
Sedikit kisah di Tarim ada seorang Murid yang durhaka kepada Gurunya, .

Hari Keenambelas


Tiba tiba sudah sampai di hari keenambelas. Nanti malam sudah malam nuzulul Qur'an. Ibarat orang melakukan perjalanan, jarak tempuh tinggal separoh lagi. Tubuh sudah mulai adaptasi dengan suasana lapar. Bacaan qur'an juga sudah melewati masa jenuh karena menghadapi surat surat yang panjang. 

Jumat, 09 Juni 2017

Deadline oh...


Gabungan kata yang selalu membuat dada terasa sesak adalah : dead line. Ini semacam monster yang menakutkan. Membuat detak jantung berpacu, keringat dingin keluar dan bagi sementara orang bisa membuat otak tidak berfungsi normal.