Rabu, 21 November 2012

Menyelesaikan masalah ala pelajaran sains


sumber gambar dari sini

  • Baca dengan cermat soalnya. Temukan informasi penting dari soal tersebut. Lingkari petunjuk berupa angka baik yang dinyatakan dalam bentuk lambang bilangan maupun huruf. 
  • Tulis apa yang diketahui.
  • Temukan apa yang ditanyakan.
  • Tentukan rumus untuk menjawabnya. Kalian mempunyai banyak rumus. Apa yang ditanyakan dan apa yang diketahui dapat dijadikan petunjuk untuk menentukan rumus yang tepat.
  • Masukkan nilai dalam rumus. 
  • Kerjakan.
Itulah petunjuk yang diberikan guru sains ku dulu kalau kami diminta mengerjakan soal hitungan. Aku menyebutnya soal hitungan karena untuk mengerjakannya kami perlu menerapkan hitungan matematis. Memilih rumus yang sesuai dan melakukan operasi hitung untuk mendapatkan jawaban.



Di sekolah saat belajar sains, kita sering dihadapkan pada soal cerita yang harus diselesaikan. Seperti tebak-tebakan gitu. Tebak-tebakan yang melibatkan proses berpikir tingkat tinggi. Biasanya dikaitkan dengan topik yang kita pelajari pada saat itu. Guru kita mengajari bagaimana cara mengerjakan masalah itu melalui tahapan-tahapan menyelesaikan masalah.
Pertama, pahami soalnya. Baca berulang-ulang soal itu dan pastikan diri bahwa kita tahu apa yang dimaksud oleh soal tersebut. Satu pertanyaan yang harus bisa kita jawab, sebagai indikasi bahwa kita memahami soal adalah: kita disuruh ngapain? Mungkin permasalahan dalam soal itu berbelit-belit.  Untuk itu kita harus cermat dan peka, terutama dalam mengenali informasi yang disajikan dalam soal itu.

Saat menghadapi masalah kehidupan, sangat penting bagi kita untuk  mengenali permasalahan yang sebenarnya. Bukan masalah semu. Karena banyak masalah semu yang menyertai masalah inti yang bila kita tidak hati-hati, bukannya menyelesaikan masalah tetapi justru akan menciptakan masalah baru.
Kedua, apa yang diketahui? Yang dimaksud disini adalah informasi yang mendukung agar kita bisa menyelesaikan masalah tersebut. Informasi atau petunjuk yang disajikan dalam soal beragam. Ada yang informasi itu cukup jelas membuat kita dapat dengan mudah menyelesaikan soal itu. Tetapi ada kalanya, informasi itu tidak langsung pada sasaran. Informasi utamanya masih tersembunyi. Kita baru dapat menemukannya bila kita bisa memecahkan permasalahan kecil yang ada di situ. Ibaratnya, kalau kita ingin masuk sebuah ruangan utama, kita tidak bisa langsung membuka pintunya karena kuncinya masih hilang. Maka kita harus menemukan kunci yang hilang itu untuk membuka pintu utama.

Seperti sudah menjadi hukum alam, bahwa dalam setiap masalah yang muncul selalu ada perangkat untuk menyelesaikannya. Seperti sebuah paket. Oleh karena itu saat masalah muncul, kita harus peka dan segera tanggap, informasi penting apa yang bisa kita gunakan  dibalik masalah yang kita hadapi.   
Ketiga, apa yang ditanyakan? Inilah pokok permasalahannya. Sebelum mengerjakan soal kita harus tahu pasti apa yang ditanyakan. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan kita akan mendapatkan gambaran tentang apa yang harus kita kerjakan. Misalnya yang ditanyakan besarnya gaya yang dikeluarkan untuk mengangkat sebuah beban tertentu. Bila kita tahu bahwa yang ditanyakan besarnya gaya, ya kita akan menggunakan rumus untuk mencari gaya. Lah kalau yang ditanyakan saja kita gak tahu, ya bagaimana mungkin kita memilih rumus yang sesuai.
Masalah kehidupan juga begitu. Ini lebih fokus. Mengerucut pada masalah inti. Pertanyaan utama yang harus dijawab. Dengan mengetahui masalah initi, jalan keluar yang akan dipilih akan semakin jelas. 
Keempat, bagaimana  cara penyelesaiannya? Pada tahap ini pemahaman  kita tentang  permasalah menjadi sangat penting. Ada banyak pilihan yang disarankan untuk menyelesaikan masalah, tetapi tentu tidak semua tepat. Ada banyak rumus yang kita kenal tetapi rumus yang benar-benar ces pleng tentu harus dipilih.
Menghadapi masalah dalam kehidupan juga begitu. Ketika informasi sudah jelas, masalah utama juga sudah ketemu, maka selanjutnya kita akan dihadapkan pada banyak pilihan jalan keluar.  Meskipun jalan keluar itu banyak tetapi kita harus memilihnya yang benar-benar sesuai dan tepat untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. 


Semakin sering kita mengerjakan soal maka kita akan semakin akrab kita dengan rumus-rumus dan akan semakin terampil kita dalam menyelesaikan soal hitungan. Demikian juga dengan masalah dalam hidup. Semakin sering kita menghadapi masalah dan berhasil menyelesaikannya, maka kita akan semakin terampil menjalani hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar