Jumat, 16 November 2012

Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada anda,



Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada anda,
Saya tahu anda berniat baik kepada saya,
Saya tidak meragukan bahwa hati anda tulus
Tetapi, mohon dipertimbangkan sekali lagi bila anda ingin menyampaikan apa yang anda dengar tentang saya. Bila yang ingin anda sampaikan kepada saya itu sesuatu yang akan membuat hati saya sakit, mohon untuk ditahan dan tidak usah anda sampaikan.
Ijinkanlah saya untuk tidak mendengarnya. 

Bila anda ingin memberikan penilaian tentang saya, silahkan.
Berikan nilai pada diri saya seperti yang anda inginkan.
Maaf, bagi saya nilai diri itu tak akan berubah hanya karena anda atau orang lain memberikan penilaian positif atau negatif tentang diri saya.
Bila anda tidak puas dengan pekerjaan saya, biarlah sistim yang akan menghukuminya. Biarlah semua berlalu sesuai dengan proses yang seharusnya.
Saya sepenuhnya sadar bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Demikian juga anda dan saya. Ketika Allah menutupi kekurangan saya dan menunjukkan hal-hal yang baik, maka yang anda lihat adalah : saya orang baik.
Bila Allah menutupi kebaikan saya dan menunjukkan hal-hal yang buruk, maka yang anda lihat adalah: saya jelek.
Tidak peduli yang mana yang Dia tutupi dan yang mana yang Dia buka, baik dan buruk tetap ada pada diri saya.
Jadi mengapa saya harus berkecil hati saat anda mengatakan saya jelek?  Sementara kebaikan yang ada pada diri saya tak akan hilang hanya karena anda mengatakan saya jelek.
Dan juga mengapa saya harus besar kepala saat anda mengatakan saya baik? Sementara keburukan yang ada pada diri saya tidak otomatis hilang hanya karena anda katakan saya baik.
Tak ada alasan bagi saya untuk marah atau kecewa terhadap penilaian orang lain kepada saya, apalagi berkecil hati. Kurasa setiap orang sama. Mempunyai sifat baik dan sifat jelek. Saya melihat antara anda dan saya dan juga banyak orang lain adalah sama.
Sama-sama penting dan sama-sama berharga.
Maka, bila anda berkenan untuk tidak mengganggu tidur saya dengan penilaian buruk orang lain di belakang saya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Terimakasih untuk kerjasamanya.
Semoga Allah menghapus dosa saya dan dosa anda karena telah berniat untuk menjaga lisan kita.
Semoga Allah tidak mencatat kita sebagai kelompok perempuan pembawa kayu bakar.
Amin.. amin ya robbal alamin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar