Jumat, 16 September 2016

Perbaiki gizi anak Indonesia


Menyimak tayangan salah satu TV swasta nasional tentang perbaikan gizi anak Indonesia, bikin aku terkekeh kekeh Tampil dua orang dokter yang membahas tentang gizi buruk di Indonesia. Sangat disayangkan ya kalau anak-anak Indonesia kurang gizi, karena Indonesia itunegara yang kaya sumber gizi. Sumber daya alam di Indonesia dan  masakan khas Indonesia itu paduan yang klop banget untuk meningkatkan gizi bangsa Indonesia. Yang gak klop itu sumber daya manusianya. Ha...ha....ha...


Simak deh videonya di sini. Si ibu dokter ini gak tedeng aling-aling menyindir kaum emak yang kebanyakan alasan, dalam tugasnya, kasih makan anak-anak mereka. Aku sih cengengesan aja. Ngerasa kesindirnya iya pake banget. Tapi yah itulah fakta. 

Mari kita berintrospeksi diri sodarah. Perbaikan gizi anak-anak itu adalah tanggungjawab kita-kita. Pola makan itu kebiasaan yang dibangun sejak orok. Kalau kita para emak sudah males bikin makanan sehat untuk anak-anak maka pasti deh pola makan mereka nanti payah. 

Emak-emak jaman sekarang begitu yah. Mau yang simple simple ajah. Ogah masak sayur. Kan sekarang banyak tuh penjual sayur yang tinggal santap. Banyak tuh makanan instan yang tinggal hleb (masuk mulut maksudnya). Lebih murah dibanding masak sendiri. Tapi nilai gizinya gimana? Zat aditifnya gimana? Padahal masak sayur bobor itu nggak susah lo. Apalagi sayur sop. Apalagi sayur asem. Tahu telor, Bacem tempe.  

Kenapa males para emak? Karena lebih enakan nge-twit, lebih enakan nyetatus, lebih enakan nginstag. Ahai generasi digital gitu loh. 

Makanannya simple, kesehatannya jadi simple donk. Mau? Untuk anak sendiri kok simple-simple. 

Ah kalau dipikir-pikir, direnuh-renung, sebetulnya masak itu nggak ribet kok. Jaman sekarang semua pakai alat. Butuh santan ada blender, butuh bumbu halus ada blender, butuh bawang goreng adaalat canggih. Ada panci presto, ada oven listrik  dan lain-lain yang tidak mungkin disebutkan satu persatu, hiks. 

Intinya nih, ayo turun ke dapur. Ayo turun ke kebun. Ayo bikin makanan sehat. Ayooooo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar