Jadi ingat dari buku yg pernah aku baca. Ada kalimat yang bunyinya begini: tambahkan glazur pada roti anda.
Mungkin anda mengira bahwa itu adalah petuah untuk tukang roti, agar rotinya diminati banyak orang dan banyak orang berbondong bondong membeli rotinya.
Bisa jadi.... Bisa jadi. Tapi sebetulnya petuah itu berlaku untuk kita semuanya. Yah anggap saja kita adalah seorang pedagang yg sedang menjual "sesuatu". Pastinya kita pengen banyak orang suka/berminat dengan apa yang kita jual. Minimal mereka betah berlama-lama berkunjung ke toko kita. Betah ngobrol dengan kita. Ikhlas mendengarkan apa yang kita omongin. Nah bila kita mau seperti itu maka berilah pembeli atau calon pembeli itu sesuatu yang akan membuat mereka kembali kepada kita.
Caranya?? Yah itu tadi. Tambahkan "sesuatu" yang bikin mereka berkesan. Kesan itu tak akan mereka lupakan dan membuat mereka kembali.
Punya pengalaman beli barang di suatu toko dan ketika keluar dari toko bersumpah nggak bakalan masuk ke toko itu lagi?
Pengalaman terburuk apa yang membuat kita kapok masuk kesana?
Biasanya sih sikap penjual.
Yang judes lah, yang cuek lah, yang galaklah atau sikap mereka yang lain, yang nyebelin banget.
Hemh.... Kalau banyak pembeli kecewa, yang terjadi bukan hanya mereka yang tidak kembali tetapi sangat mungkin mereka juga akan mengabarkan ketidaknyamanan itu kepada orang lain. Itu kan artinya bukan saja mengurangi jumlah pelanggan tetapi juga menutup kesempatan buat nambah pelanggan baru.
Sebaliknya juga akan terjadi
Beberapa waktu yang lalu ketika aku bingung cari online shop benang rajut, beberapa teman maya merekomendasikan salah satu OS dari sekian banyak OS yang bertebaran di dunia maya.
Rekomendasi itu memuat pernyataan seperti ini:
Orangnya baik
Sabar
Meski kita cuma nanya nanya dia akan ngelayani kita
Pengirimannya tepat waktu
Sesuai pesanan
Dll
Rekomendasi itu menunjukkan betapa pentingnya sikap (baik, ramah, sabar) selain layanan teknis.
Singkat cerita belanjalah aku ke OS itu. Dan emang betul (pake banget) omongan teman teman itu. Sambutannya ramah. Pesan baik melalui chat maupun WA langsung dibalas. Bikin aku ngerasa di"orangkan". Setiap pertanyaan dijawab dengan santun.
Aku merasa nyaman. Rasa nyaman itu pastinya tidak akan aku simpan sendiri. Aku merasa wajib merekomendasikan kepada teman-temanku tentang OS ini.
Inilah yang dimaksud nasehat diatas. Kesan baik itulah glazur yang diberikan secara cuma-cuma. Seperti bonus kali ya. Nah pas beli sesuatu seneng kan kalau dapat bonus. Secara naluri, kita ingin orang lain juga mendapatkan bonus yang sama. Begitulah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar