Kamis, 01 Maret 2018

Mari Berbagi: Cara Scan Dokumen Dalam Format PDF




Pasti pernah donk suatu ketika kalian diharuskan men-scan dokumen kalian kemudian mengirimkan untuk urusan tertentu?  

Mungkin kalian seperti saya yang pernah kebingungan ketika diharuskan men-scan dokumen yang ditentukan  format dan kapasitasnya. Formatnya harus PDF. Lah, saya bisanya nyecan dalam format JPEG, satu per satu lagi.

Yang kemarin kemarin sih masih saya akali, yaitu dengan mengkopi file JPEG ke word, terus disusun urut halamannya, terus di save as PDF. Hi..hi.. seru tapi butuh waktu yang sangat lama.
Alhamdulillah ada teman yang memberikan ilmunya, lebih simple. Terimakasih ya teman.

Setelah saya bisa, gak fair rasanya kalau saya tidak membagi juga untuk kalian yang mengalami kebingungan seperti saya. 

Ok, langsung saja ya
1.       Pastikan di kamputer kalian telah terinstal printer/scnanner yang sesuai. Saya pakai printer DCP T 300. Oh ya jangan lupa, instalnya harus sempurna ya. Awalnya, netbook saya tidak mendeteksi printer tersebut dan kata teman saya itu karena proses installnya tidak sempurna. Harus di remove dulu kemudian diinstal ulang
2.       Pastikan netbook dan printer terhubung. Saluran ke listrik juga jangan lupa ya. He… he…
3.       Pasang berkas yang akan discan
4.       Klik ikon windows di pojok kiri bawah        
5.       Klik al program
6.       Klik brother (di sini akan terlihat, di netbook kalian sudah terinstal printer ini atau belum)
7.       Klik ControlCenter4 (warnanya orange ya)
8.       Klik File
9.       Kalian akan masuk pengaturan. Aturlah jenis format yang kalian inginkan, namai file kalian,  local disk yang akan kalian gunakan untuk menyimpan, kalau kalian ingin menyecan beberapa halaman jadi satu file pilihlah pemindaian berkelanjutan
10.   Bila sudah yakin, klik pemindaian.
11.   Tunggu sampai proses scanning berakhir
12.   Bila berkas yang akan di scan lebih dari satu, ganti berkasnya dengan halaman berikut kemudian klik lanjutkan.
13.   Lakukan sampai berkas terakhir.
14.   Klik selesai
15.   Selesai
Mudah dan hasilnya memuaskan. 
Yang ingin menyimpan file tutorial ini bisa klik di sini
Silahkan mencoba!





1 komentar: