Rabu, 26 Juni 2013

Liburan Tiba! Ngapain aja nih!


Saat menjalani rutinitas, rasanya jenuh. Pengennya segera  keluar dari rutinitas. Terus ngebayangin, gimana ya rasanya kalau bisa menikmati masa-masa santai, nggak dikejar-kejar deadline. Terbebas dari tugas. Bisa lebih lama memeluk guling. Bisa “slow motion”. Oh indahnya!!!

Tapi benerkah segitunya menjalani liburan. Ho.... ho.... nggak juga lo. Berdasarkan pengalaman nih, masa-masa liburan itu seringkali menjadi masa-masa zonk. Istilah paling pas (menurutku) untuk menggambarkan betapa tidak produktifnya massa-massa itu. Nyantai itu hanya hari pertama dan kedua saja. Setelah itu terasa deh garingnya. Nggak ada sesuatu yang berarti. Seluruh waktu habis didepan TV dan kegiatan yang nggak ada manfaatnya.
Pernah juga sih sebelum liburan sudah membayangkan mau melakukan ini melakukan itu. Tapi pas liburan semua rencana menguap begitu saja. Begitu masa liburan habis,  ketahuan deh semua target zonk. 


Makanya nih, jangan coba-coba memasuki masa liburan tanpa program liburan yang jelas. Tanpa target yang nyata. Dan juga jangan coba-coba mengandalkan program-program itu dalam angan-angan saja. Program-program itu harus ditulis detail, pakai tinta menyolok dan menempelkannya di dinding kamar atau tempat lain yang strategis. Tulisan itu akan menjadi pengingat bagi kita sehingga kita selalu diingatkan mana program yang sudah terlaksana dan mana yang belum.

Apalagi buat kalian yang masih terhitung sebagai ABG. Program liburan menjadi sangat penting karena usia kalian itu termasuk  usia-usia energic. Gaya ABG yang  suka bergerak, penuh energi dan sering merasa jenuh akan cenderung mencari pelampiasan untuk membuang energi yang berlebihan itu. Kalau kalian tidak punya program liburan, bisa-bisa kalian salah menyalurkan energi mereka. Kalau berdampak positif sih Ok ya, tapi kalau berdampak negatif, bagaimana?

Hayo mumpung liburan baru beberapa hari terlewati, belum terlambat kok buat bikin program liburan. Ayo segera ambil kertas dan pensil. Bikin gih program liburan. Nggak usah muluk-muluk lah, yang bisa dijalanin aja dengan mudah. Biar seru ajak teman-temanmu buat nyusun program liburan bareng. Jangan takut nggak bisa ngejalanin. Nggak bisa tercapai semua target nggak pa pa. Program itu ibarat panduan kita buat ngejalanin liburan bermutu. Biar liburan kita nggak garing. Biar kita tetap dapet sesuatu dari liburan kita.

Apa saja yang bisa dimasukkan menjadi program liburan?.  Berikut bisa dijadikan pilihan buat ngisi liburan kamu.

Baca buku
Buat yang suka baca, kegiatan ini bisa dijadikan alternatif  kegiatan liburan. Tentuin buku-buku apa saja yang harus kamu baca dalam liburan kali ini. Eh mungkin nggak cuma sekedar baca tapi bikin resensinya juga. Lumayan tuh buat mengasah ketrampilan nulis. Kalau nggak ada duit buat beli buku gimana? Tenang sob, sekarang nih sumber belajar dimana-mana. Kita bisa samperin perpustakaan dan melahap semua buku yang ada di sana. Tinggal pilih dan baca. Gratis, nggak pakai keluar uang. Syukur-syukur boleh dipinjam untuk dibaca dirumah. Tambah asyik lagi tuh. Nah bisa juga baca di dunia maya. Banyak loh ebook gratis yang bisa diunduh dan bisa dinikmati.
Ada sedikit pengalaman nih dengan kegiatan baca-membaca ini. Aku suka baca. Dan setiap liburan tiba aku selalu punya target untuk membaca beberapa buku. Bolehnya sih pinjam aja. Tapi sekali waktu ada ide buat ngoleksi artikel-artikel bagus dari dunia maya. Akhirnya aku browsing dan mencari artikel-artikel bagus yang bisa aku dapat dengan mudah di dunia maya. Artikel-artikel itu aku copy (tentu dengan mencantumkan sumbernya agar suatu ketika mudah melacaknya) paste dalam format word. Aku cari sebanyak-banyaknya. Sampai ratusan halaman. Sudah itu aku pilah-pilah sesuai dengan kategorinya kemudian aku print. Kertasnya aku pakai kertas bekas aja. Kemudian print out itu aku jilid. Jadi deh sumber bahan bacaan yang nambah koleksi. 

Mencoba resep baru
Yang ini tentu buat kalian yang hobi masak. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama. Cari resepnya bisa dari buku yang dijual ditoko-toko buku, dari internet atau dari narasumber (chef) yang handal. Lumayanlah, selain bisa makan ala resto juga bisa buat nambah ketrampilan. Eh apalagi liburan kali ini menjelang bulan puasa. Asyik lo buat nyobain resep kue lebaran. Terus berhasil bikin kue lebaran yang legit. Terus banyak yang suka. Terus laku dijual. Wow asyik donk.

Belajar bikin pernak-pernik
Yang ini buat kamu yang suka pernak-pernik. Bros mungkin. Sulam tangan mungkin. Rajut mungkin. Referensi buat pernak pernik ini juga dapat dengan mudah kamu peroleh dari buku atau dari internet. Lumayan kan bila dalam masa liburan ini kamu berhasil membuat satu, dua atau tiga assesories untuk melengkapi penampilanmu.

Buat baju
Kamu bisa memanfaatkan ibu kamu atau kerabat lain yang pinter menjahit baju. Ketrampilan ini Ok juga lo. Bisa menghemat biaya jahit baju kamu. Coba saja itung berapa cost untuk penampilan kamu. Lumayan besar kan. Padahal kamu bisa lo membuatnya sendiri. Tongkrongin aja saudara kamu yang pinter jahit baju. Pasti kamu akan membuat kesimpulan bahwa menjahit baju tidak terlalu sulit.

Kursus
Untuk menambah ketrampilan tertentu kadang-kadang kita memang harus belajar dari ahlinya. Nggak masalah. Kalau kamu punya kocek yang cukup kamu bisa memilih kegiatan ini. Banyak pilihan ketrampilan yang bisa kamu ambil. Kursus bahasa asing. Kursus komputer dengan berbagai pilihan. Kursus mengemudi atau  kursus-kursus yang lain. Pilih yang programnya tidak terlalu lama. Selain mendapatkan ilmu yang pasti bermanfaat, kamu juga dijamin bakalan dapat teman baru.

Melakukan Perjalanan
Bagi kalian yang suka traveling, boleh deh memilih kegiatan ini. Melakukan perjalangan juga bermanfaat untuk menambah pengalaman. Kegiatan ini juga membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Bila hal itu bukan masalah penting buat kamu, ya no problem. Kamu bisa memilih tujuan perjalanan kamu. Kamu bisa memilih rumah saudaramu di luar kota, atau luar pulau atau bahkan luar negeri. Beruntung deh kalau kamu bisa melakukan itu. Jangan lupa untuk membuat tulisan perjalanan dan berfoto-foto ya.  

Dan masih banyak lagi kegiatan bermanfaat lain yang boleh kalian coba. Intinya manfaatkanlah liburan kalian dengan kegiatan yang bermanfaat. Jadi... tunggu apa lagi. Segera buat program liburan kalian dan bersiaplah untuk melakukannya.
Selamat berlibur
  

2 komentar: