Sabtu, 15 Desember 2012

1:1




 
Sore ini kita berbincang-bincang tentang salah satu acara TV yang kita tonton beberapa waktu yang lalu. Di acara itu sang host mewawancarai tokoh (selebritis) tentang pancasila.  Sang host menanyakan lambang sila-sila pancasila yang ada di perisai burung garuda. Selebritis muda (cewek-cewek ABG) mendapat pertanyaan itu dan …. gak bisa menjawab dengan benar.  Tayangan ini ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kenyataan ini pastinya sangat memprihatinkan. Di usia sekolah mereka tidak mengenal dengan baik dasar Negara mereka sendiri.  Dan yang lebih memprihatinkan lagi, mereka justru tertawa-tawa meskipun mereka tidak bisa menjawab pertanyaan sang host.

Kamipun saling menantang. Aku dan Ami. Pertama tentang posisi lambang lambang sila pada perisai di dada burung garuda. Kata Ami, bintang berada di tengah. Kiri atas kepala banteng, kanan atas pohon beringin, kiri bawah padi dan kapas serta kanan bawah rantai. Menurutku: bintang ditengah, kiri atas pohon beringin, kanan atas kepala banteng, kiri bawah rantai dan kanan bawah padi dan kapas.
Kedua tentang lambang dari sila pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima. Kata Ami: bintang lambang sila pertama, padi dan kapas lambang sila ke dua, kepala banteng lambang sila ketiga, pohon beringin lambang sila ke empat dan rantai lambang sila ke lima. Menurutku: bintang lambang sila pertama, sila kedua berlambang rantai, sila ketiga berlambang pohon beringin, sila keempat berlambang kepala banteng dan sila kelima berlambang padi dan kapas.
Ok saatnya mencocokan jawaban. Untuk yang pertama, jawaban Ami benar dan aku salah. Untuk jawaban kedua Ami salah dan Aku yang benar. Hua… skor kami 1:1. Satu untuk Ami dan satu untuk aku.  Nasionalisme yang pas-pasan. Tidak mengenal dengan baik dasar Negara sendiri.
Meski rasa nasionalisme tidak bisa hanya diukur dari hafal atau tidak dasar Negara, tetapi tidak mengenal dengan baik dasar Negara kita adalah indikasi yang tidak bagus. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Tidak mengenal baik simbol-simbol Negara adalah sebuah petunjuk sederhana bahwa kita tidak mengenal dengan baik Negara kita. Kalau mengenal saja tidak, bagaimana mungkin kita menyayanginya. 
Ingin mengenal lebih jauh tentang dasar negara,  baca yang satu ini He... he.... jangan ngaku jadi warga negara Indonesia kalau gak kenal Garuda Pancasila
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar